Makanan Korea : Steak Daging Sapi “Tteok Galbi” 떡갈비

Makanan Korea : Steak Daging Sapi “Tteok Galbi” 떡갈비-Makanan asal negeri ginseng yang satu ini dibuat dari daging sapi yang diberi nama Tteok Galbi. Tteok Galbi ini sangatlah enak dan sangat mewakili rasa khas makanan Korea. Tteok sendiri diartikan sebagai kue beras ketan dan galbi sendiri artinya masakan olahan daging yang dibumbui khas Korea. Tetapi sebenarnya di dalam makanan yang satu ini sama sekali tidak ditemukan kue beras ketannya. Pasti sangat aneh, kenapa ga ada padahal namanya udah begitu. Usut punya usut ternyata karena tekstur makanan ini setelah matang menyerupai tteok makanya disebut tteok galbi. Berbagai bumbu dibuat menjadi satu sehingga menjadikan makanan ini sangat enak dan hidangan ini sangat cocok disajikan ketika kamu ada acara atau pesta di rumah. 


Bahan – bahan yang digunakan untuk Tteok Galbi 떡갈비 seperti di bawah ini :
· Daging sapi khas dalam sebanyak 1 kg
· Bawang Bombay sebanyak 1 buah
· Wortel ukuran sedang sebanyak 1 buah
· Bawang daun sebanyak 3 batang, iris tipis atau halus
· Bawang putih sebanyak 6 siung
Bumbu yang digunakan untuk membuat Tteok Galbi” 떡갈비 seperti ini :
· Soy sauce sebanyak 4 sendok makan
· Gula pasir 1½ sendok makan
· Madu sebanyak 2 sendok makan
· Minyak wijen sebanyak 1 sendok makan
· Lada hitam bubuk sebanyak ½ sendok teh
· Garam sebanyak ¼ sendok teh

Langkah – langkah dalam pembuatan Tteok Galbi ”떡갈비 seperti berikut ini :
· Pertama – tama kita siapkan blender. lalu siapkan pula bawang putih, wortel dan bawang bombay yang sudah dikupas, potong – potong sehingga menjadi ukuran yang lebih kecil. Masukkan bahan – bahan tersebut ke dalam blender lalu blender sampai semua bahan menjadi hancur dan teksturnya lebih halus. Waktu memblender daging bisa dipisah dengan sayurannya (tidak harus bersamaan). Kalau aku sih pertama memblender sayuran lalu ditambahkan lagi dengan daging baru diblender lagi. Gimana pun caranya terserah kamu yang penting tekstur semuanya lembut seperti adonan.
· Pindahkan campuran yang diblender tadi dengan bumbu seperti soy sauce, gula, madu, minyak wijen, lada hitam bubuk, dan irisan halus daun bawang. Aduk sampai semua bahan tercampur rata sekitar 2 menitan diaduknya. Setelah itu dengan menggunakan tangan, ambil adonan lalu bentuk bulat seperti bola golf lalu pipihkan, buat sampai semua adonan habis.
· Siapkan pan penggorengan Teflon (agar tidak lengket), masukkan sedikit minyak lalu masukkan adonan yang telah dibentuk tadi ke dalamnya. Goreng dengan api kecil sampai sedang agar tidak cepat gosong. Ketika cairan sedikit keluar dari daging tersebut balik dagingnya dan agak ditekan dengan spatula. Jika sisi ini juga sudah mengeluarkan cairan balik kembali. Lakukan ini sampai kedua sisinya matang dan warnanya menjadi kecoklatan. Tteok Galbi” 떡갈비 ini sangat enak dinikmati dengan nasi atau kentang juga saladnya.

Baca juga : 
0 Komentar untuk "Makanan Korea : Steak Daging Sapi “Tteok Galbi” 떡갈비"

Back To Top