Resep Guksu ‘Korean Noodle Soup’ atau Sop Mie Ala Korea

Resep Guksu ‘Korean Noodle Soup’ atau Sop Mie Ala Korea-Kali ini aku akan memberikan sebuah resep guksu yang sederhana dan enak. Ini juga merupakan salah satu menu favorit dari masakan – masakan korea yang ada. Kali ini saya akan membuat guksu yang lebih pedas dan lebih terasa bumbunya. Pada dasarnya untuk membuat menu ini dibutuhkan beberapa bahan utama seperti mie, kimchi dan teri, saat bahan tersebut ada tentunya dapat dengan mudah dan cepat kita membuat menu guksu ini. Bagi orang – orang Korea dan juga kebudayaannya guksu ini merupakan salah satu menu special dalam momen special pula karena orang – orang korena zaman dulu mengaitkan mir yang tipis dan panjang dengan umur panjang sehingga mereka sering menyajikan menu guksu ini di saat ulang tahun untuk memohon panjang umur dan juga di pernikahan untuk memohon pernikahan yang langgeng. Menu guksu yang aku buat ini agak berbeda dengan cara pembuatan guksu aslinya dan kita bisa juga menambahkan telur dan daging sapi yang dimasak untuk pelengkapnya. Untuk membuat guksu lebih baik menyiapkan stok kuah teri dan campuran kimchi pedasnya terlebih dahulu kemudian baru menyiapkan mienya sehingga setelahnya bisa langsung kita siapkan jadi mienya tidak akan sampai mengembang saat dinikmati.

 

Bahan – bahan di bawah ini disiapkan untuk membuat 2 porsi hidangan guksu :
·         Mie gandum yang tipis sebanyak 10 ons
·         Biji wijen sebanyak 1 sendok makan
·         Rumput laut atau kim sebanyak 1 lembar
·         Telur ayam rebus sebanyak 2 buah
Bahan untuk stok terinya :
·         Air sebanyak 14 gelas
·         Lobak sebanyak 8 ons, diiris tipis – tipis
·         Daun bawang sebanyak 4 batang
·         Bawang Bombay sebanyak 2 buah ukuran sedang, dicincang
·         Teri sebanyak 20 buah, kotoran dan kepalanya dibuang
·         Garam secukupnya
Bahan – bahan untuk campuran kimchi pedasnya :
·         Daun bawang sebanyak 4 batang
·         Kimchi sebanyak 4 ons, dipotong - potong
·         Gochujang sebanyak 2 sendok makan
·         Madu sebanyak 1 sendok teh
·         Minyak wijen sebanyak 2 sendok the
Langkah – langkah pembuatan guksu seperti di bawah ini :
·         Untuk membuat kuah terinya pertama kita campurkan air, lobak, daun bawang, teri dan bawang Bombay ke dalam panci kemudian ditutup dan dimasak dengan api sedang selama 30 menit. Kemudian kecilkan api dan masak sekitar 20 menitan. Setelah itu, tambahkan garam secukupnya kemudian matikan apinya dan kuah ini bisa digunakan untuk menyajikan sekitar 5 porsi. Sisihkan.
·         Selanjutnya menyiaplan campuran kimchi pedasnya dengan mencampurkan semua bahan – bahan menjadi satu dan merata. Sisihkan.
·         Kemudian kita menyiapkan mie nya dengan merebus air sebanyak 10 gelas kemudian masukkan mie ke dalam air mendidih tersebut. Masak sampai mie nya matang dan siap diangkat dan ditiriskan. Disiram dengan air dingin kemudian sisihkan dan bagi ke dalam dua mangkok.
·         Siramkan kuah ke dalam mangkok mie tadi kemudian masukkan juga campuran kimchi pedas dan juga serpihan rumput laut ke dalam mangkok tersebut.
·         Tambahkan telur rebus di atasnya, guksu siap dihidangkan dan juga dinikmati.
Catatan : untuk kimchi kamu bisa temukan di swalayan seperti Gi**t atau Lo**e Mart.

Baca Juga :
 
0 Komentar untuk "Resep Guksu ‘Korean Noodle Soup’ atau Sop Mie Ala Korea"

Back To Top